9 Tips untuk mencegah datangnya Penuaan Dini

Tidak benar bila tampil cantik dan energik sepanjang waktu sepertinya hanya milik kaum muda saja. Memang  benar menjadi tua itu pasti bagi setiap orang. Tapi itu tidak berarti penuaan tidak bisa ditunda, terutama penuaan dini.

Manusia terlihat awet muda bila penampilannya lebih muda dari usia kronologis (usia kalender), begitu juga dengan yang mengalami penuaan dini sehingga terlihat lebih tua dari usia kronologisnya. 

Orang yang terlihat tua secara kronologis mengalami percepatan dari penipisan kulit, pengurangan serat kolagen yang menjaga ketegangan kulit, dan pengurangan serat elastin yang menjaga elastisitas/kelenturan kulit. Hal tersebut menyebabkan kulit berkerut/keriput, kendor, kering dan kasar, kelainan pigmentasi, menipis dengan pelebaran pembuluh darah.

Faktor utama penuaan dini adalah paparan sinar matahari/radiasi (photo aging), merokok dan asap rokok, polusi, zat beracun, kurang sayuran dan buah. Dengan mengetahui penyebab penuaan dini maka kita bisa melakukan upaya pencegahan dengan lebih baik. 

Berikut adalah kiat-kiat pencegahan penuaan dini yang dapat Anda lalukan:
  1. Kurangi paparan sinar matahari. Gunakan tabir surya/sun screen.
  2. Hindari merokok dan asap rokok.
  3. Hindari polusi dan zat kimia yang berbahaya.
  4. Bila kulit terlalu kering gunakan pelembab (moisturizing), banyak minum air putih.
  5. Berpikir positif.
  6. Hindari mengerutkan dahi, cemberut, dan marah. Lakukan posisi tidur yang ideal dengan telentang, bila mungkin tanpa bantal.
  7. Hiduplah secara sehat dengan berolah raga teratur serta cukup tidur.
  8. Konsumsi makanan yang kaya anti oksidan seperti sayuran dan buah.
  9. Bila diperlukan konsumsi produk anti oksidan alamiah yang lengkap. (Sesuai saran dokter Anda tentu).
Tag : Healthy, Wanita
0 Komentar untuk "9 Tips untuk mencegah datangnya Penuaan Dini"

Back To Top